Thursday 26 April 2012
Saturday 7 April 2012
Bloglist wirausaha sosial (socialpreneur)
Kewirausahaan sosial (social entrepreneurship)
merupakan paradigma baru dalam dunia bisnis tanah air. Social
entreperenur ataau wirausaha sosial, di tempat kami, kami lebih mudah
mengejanya menjadi socialpreneur yang bersumber dari kata social dan entrepreneur.
Sebagai sebuah jenis bisnis / usaha, socialpreneur
masih belum banyak dipahami oleh para pihak. Dibandingkan dengan
beberapa negara lainya kita masih tertinggal dalam pengembangan socialpreneur ini. Di negara lainya socialpreneur ini sudah berkembang dengan pesat, tidak heran telah lahir begitu banyak layanan pendukung untuk pengembangan socialpreneur ini. Layanan yang berkembang untuk mendukung socialpreneur
ini antara lain layanan dibidang pembiayaan baik bagi start up maupun
untuk pengembangan lanjut, layanan lainya adalah dibidang assistensi
maupun konsultasi untuk pengembangan socialpreneur ini .
Selain itu juga telah berkembang blog atau situs yang membahas tentang pengembangan socialpreneur.
Beberapa blog ini memberikan layanan informasi yang cukup lengkap baik
mengenai manjemen, pembiayaan, social marketing, berita mengenai
wirausaha sosial, cerita sukses wirausaha sosial, sampai jejaring maupun
sosial media untuk pengembangan socialpreneur.
Blog untuk pengembangan socialpreneur ini sebagaimana dimuat oleh situs Green Marketing bisa menjadi bahan pembelajaran dan sumber inspirasi bagi pengembangan wirausaha sosial (socialpreneur) di tanah air. Beberapa blog itu antara lain :
Social Entreprise Blogs.
Blog yang didirikan oleh change.org ini membahas mengenai berbagai
macam topik tentang perusahaan sosial dan inovasi sosial, seperti
investasi sosial, tanggung jawab sosial perusahaan, kehidupan startup,
mobil teknologi, pemasaran, pembangunan internasional, media sosial,
modal ventura, pembiayaan mikro, penilaian dampak dan banyak lagi.
Selain konten yang informatif dan bermanfaat kita juga dapat membuat
sebuah petisi pada isu-isu yang berkaitan dengan wirausaha sosial, atau
mengambil tindakan dengan mengirim petisi.
Nubian Cheetah. Blog ini membahas mengenai wirausaha sosial (socialpreneur
) di Afrika, blog yang menarik karena menceritakan cerita sukses
tentang perusahaan sosial yang menekankan pada pemanfaatan pengetahuan
tradisional, mempopulerkan teknologi, biodiesel, pemurnian es, dan
lainya.
School For Social Entrepreneurs.
Blog ini didirikan oleh Lord Micharel Young seorang pengusaha sosial
yang berhasil. Ia bekerja di 6 lembaga di Inggris dan merupakan
organisasi terkemuka yang bekerja di bidang pendidikan dan pelatihan
wirausaha sosial pemula. School For Social Entrepreneur ini mempunyai
sumber daya yang mampu mengukur dampak dari perusahaan sosial, membahas
cerita sukses tentang pengusaha sosial dan tips serta mengenai dampak
masa depan komunikasi pada perusahaan sosial.
Social Entrepreneurs Reporter.
Blogs ini membahas mengenai cerita sukses kewirausahanan sosial
terutama dari Amerika Utara. Mereka meyakini bahwa dengan cerita
sukses, berita dan informasi akan membantu para pengambil keputusan di
bisnis sosial untuk meningkatkan kinerja keuangan dan dampak sosial
mereka.
Social Earth. Social Earth sangat meyakini pentingnya perusahaan sosial. Hal ini diarahkan untuk mempromosikan kewirausahaan sosial.
Social Edge.
Blog Social Edge ini merupakan program dari Skoll Foundation. Blog ini
berisi pengalaman para pengusaha sosial di seluruh dunia dan tips
praktis serta trik yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan
kewirausahaan sosial. Materi dalam blog ini ditulis oleh pengusaha
sosial yang sukses dan dilengkapi dengan wawancara yang menarik dengan
pengusaha sosial yang terkemuka.
Social Entrepreneurship @ Work.
Blog ini merupaskan sumber yang bagus untuk para pengusaha sosial.
Apapun yang Anda cari baik untuk penggalangan dana, penguatan gagasan,
penggunaan teknologi dan media sosial, dapat anda temukan dalam blog
ini. beberapa fitur yang menonjol dalam blog ini antara lain Tweeter
tentang pengusaha sosial, diskusi tentang sumber dana dan modal sosial
serta materi lainya yang menarik. Selain itu blog ini juga memiliki
link ke berbagai situs yang bermanfaat.
Social Entreprise Blog. Blog ini dihost oleh Rolfe Larson pada Free Managemen Library.
Blog ini membahas mengenai modal ventura, marketing maupun bagaimana
memperoleh pendapatan. Blog ini membahas mengenai kewirausahaan sosial
dan berusaha menyebarkan tips-tips yang bermanfaat kepada khalayak.
Social ROI.
Blog Social ROI ini adalah tentang kewirausahaan sosial untuk membangun
dunia yang lebih baik. Blog ini membahas berbagai topik mulai dari
aplikasi iPhone untuk mengkampanyekan kewirausahaan sosial, serta up
date mengenai program internasional maupun dampak sosial investasi.
Blog ini juga mengundang pengusaha sosial yang mempunyai permasalahan
untuk memperoleh bantuan / konsultasi.
Spare Change.
Blog Spare Change adalah blog tentang pemasaran sosial yang didirikan
oleh Nedra Weinrich, seorang konsultan yang bergerak dalam
mempromosikan isu-isu kesehatan dan sosial bagi NGO maupun lembaga
pemerintah. Spare Change merupakan situs yang baik untuk organisasi
nirlaba, LSM, dan pengusaha sosial yang membutuhkan tips pemasaran yang
akan membantu mereka memaksimalkan jangkauan dan dampak sosial dari
kegiatan mereka.
Standfor Social Inovation Review.
Blog ini merupakan sumber informasi, studi kasus dan analisis ahli
untuk para pengusaha sosial dan pemimpin bisnis lainya. Selain itu, blog
ini juga bertujuan untuk membantu pengusaha sosial melakukan pekerjaan
mereka dengan lebih baik.
Social Business Blog.
Social Business Blog merupakan “blog bisnis sosial paling berpengaruh
di Inggris. Blog ini dikelola Rob Greenland, Rob sendiri telah aktif
dengan bisnis sosial sejak tahun 1997 dan telah melakukan beberapa
pelatihan dan lokakarya untuk bisnis sosial. Pengalamannya dalam
kewirausahaan sosial tercermin dalam blog ini sangat baik bagi para
pengusaha sosial. Topik-topik yang dibahas pada blog ini mulai dari
peluang usaha sosial dalam pengelolaan sampah sampai ke laboratorium
inovasi sosial yang diselenggarakan oleh Danone.
Trail Blazers for Good . Trail Blazers for Good merupakan blog causes dari jaringan Care2
,yang menekankan pada orang dan ide-ide untuk membuat perbedaan di
dunia pada saat ini, dengan penekanan pada pengusaha sosial dan
non-profit inovator. Blog ini juga menampilkan berita yang
menitikberatkan pada wirausahawan sosial dan berbagai berita aktivitas
sektor nirlaba.
What’s BOPreneur.
Blog ini membahas peluang dan tantangan yang dihadapi usaha sosial
dalam usaha untuk melayani orang yang berada di dasar piramida dalam
sebuah sistem masyarakat (Base of Pyramide – BOP). BOP adalah orang
yang berpenghasilan kurang dari 3 $ per hari yang sampai saat ini
jumlahnya kurang lebih 3 milyar orang diseluruh dunia. BOPreneur adalah
seorang pengusaha yang penekananya pada peningkatan kehidupan
orang-orang termiskin di dunia yang berada di dasar piramida dengan
penghasilan kurang dari 3 $ per hari. Blog ini berbagi pengalaman dan
pendapat tentang BOP, kewirausahaan, investasi, filantropi,
keberlanjutan, pendidikan dan inovasi serta membahas tips untuk
peningkatan lapangan kerja, usaha penanaman modal dalam bisnis BOP dan
inovasi yang mengarah ke solusi biaya rendah untuk yang termiskin dari
yang miskin.
Blog – blog yang mebahas wira usaha sosial (socialpreneur)
dari berbagai segi seperti di atas sangat menarik untuk kita pelajari
baik sebagai bahan pembelajaran maupun sumber inspirasi untuk
mengembangkan wirausaha sosial di tanah air, walaupun blog – blog
tersebut kebanyakan berasal dari luar negeri. Ke depan kami akan mencoba
menampilkan juga daftar blog ataupun situs yang membahas mengenai
wirausaha sosial (socialpreneur) yang berasal dari dalam negeri.
Monday 2 April 2012
Pentingnya pelatihan bahasa inggris
Nim : 1002002
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Pentingnya pelatihan bahasa inggris
Apakah pentingnya berlatih b.inggris? dan apakah tujuan belajar b.inggris ? Mungkin banyak alasan untuk tidak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena terlalu sibuk, bahasa Inggris terlalu sulit atau karena tidak membutuhkan kemampuan bahasa asing yang satu ini. Bila Anda dapat berbahasa Inggris, maka Anda dapat berbicara dengan semua orang di seluruh dunia. Satu di antara empat orang di dunia berbicara paling tidak sedikit bahasa Inggris, dan jumlah yang belajar terus bertambah. Misalnya, di Cina sendiri, jumlah orang yang belajar bahasa Inggris telah melampaui jumlah seluruh penduduk Amerika Serikat. Bila Anda menguasai bahasa Inggris, Anda dapat chatting secara online, menulis surat, berkeliling dunia, Mempercepat kemajuan karir Anda, Menanyakan jalan di luar negeri, Membuka jendela dunia lebih lebar, Menaklukkan internet, Menjadi ilmuwan, Mengejar kesempatan di luar negeri dan masih banyak lainnya.
Hakekat belajar bahasa, pada umumnya adalah belajar berkomunikasi. Karena bahasa adalah media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Oleh karena itu, apapun bahasa yang dipakai dalam berkomunikasi, merupakan bagian dari budaya yang sangat penting. Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa internasional. Artinya, masyarakat yang berasal dari beragam latar belakang geografi, agama dan kultur telah memiliki suatu media yang disepakati untuk berkomunikasi satu sama lain, yaitu Bahasa Inggris. Transfer of knowledge, transfer of technology, economic affair, bahkan cross culture understanding tersedia dalam jaringan internet dengan media komunikasi yang disebutkan diatas. Dengan menguasai Bahasa Inggris secara aktif, kita akan merasa seakan-akan tidak ada lagi batas wilayah negara, tidak ada rasial fanaticsm. Konsep berfikir kita selama ini terlalu sempit dalam menyikapi arti belajar Bahasa Inggris sebagai suatu kegiatan pembelajaran di sekolah dengan tujuan hanya untuk mendapatkan nilai yang standar agar lulus ujian. pengetahuan bahasa Inggris untuk perkembangan seorang individu di negara Indonesia menjadi suatu hal yang tidak terelakan. Suka atau tidak suka, subyek yang satu ini menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang Indonesia. Biarpun Anda tidak yakin akan mendapat kesempatan untuk ke keluar negeri, pengetahuan ini tetap diperlukan juga. Minimal, Anda tidak perlu terbengong-bengong ketika menonton siaran berita luar negeri lantaran tidak ada terjemahan di bagian bawah layar televisi atau bingung saat membaca buku manual penggunaan alat elektronik yang hanya tercetak dalam bahasa Inggris. Informasi yang bersikulasi di dunia ini kebanyakan diterbitkan dalam bahasa Inggris. Buku-buku banyak yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Buku-buku ilmiah pun terbit dalam bahasa Inggris. Apabila ada bahan bacaan yang terbit dalam bahasa non-Inggris, maka terjemahan bahasa Inggris pun pasti langsung dibuat dan dipasarkan. Website populer di dunia internet lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar untuk artikel di dalamnya.
Maka dari itu, berlatih bahasa inggris sangat penting dan banyak manfaatnya. Apalagi jaman sudah berkembang dan orang luar negeri pun banyak yang tinggal di indonesia khususnya. Dan perusahaan-perusahaan besar akan menerima karyawannya yang bisa bahasa inggris karena bukan hanya orang indonesia saja yang bekerja dan sebagai klien. Tetapi juga orang-orang dari luar negeri. Selain itu mahasiswa dituntut untuk bisa b.inggris. salah satunya dengan mengikuti TOEFL untuk salah satu persyaratan lulus. Belakangan ini minat masyarakat terhadap kursus persiapan TOEFL semakin meningkat. Hal ini terjadi sejalan dengan meningkatnya minat masyarakat untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi di luar negeri, melanjutkan studi ke jenjang Post Graduate (S2) maupun sebagai syarat kelengkapan melamar kerja baik instansi pemerintah maupun swasta yang pada umumnya mensyaratkan lampiran sertifikat dengan jumlah skor tertentu dalam Tes TOEFL. Banyak sekali tujuan diadakannya pelatihan b.inggris. seperti, Meningkatkan pengetahuan peserta tentang sistem bahasa Inggris (Grammar & Structure), Meningkatkan dan memperdalam kemampuan maupun keterampilan pesereta dalam menyimak teks – teks baik lisan maupun tertulis, Memperkenalkan strategi – strategi untuk memperkaya kosa kata baik untuk ragam lisan maupun ragam tertulis, Membantu peserta mempersiapkan diri menghadapi TOEFL Test dengan memperkenalkan peserta pada strategi – strategi yang diperlukan untuk mensiasati soal – soal ujian yang diharapkan kemudian dapat diterapkan dalam latihan – latihan soal dan Tes TOEFL yang sesungguhnya.
Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pada Undang-Undang No. 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, tercantum bahwa Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Dalam jalur pendidikan non-formal Pendidikan Anak Usia Dini dapat berbentuk Kelompok Bermain (kober), Tempat Penitipan Anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.
Terdapat dua sasaran dari Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu :
a. Sasaran Utama :
Anak lahir s/d usia 6 tahun (utamanya yang belum mendapat layanan PAUD Jalur Pendidikan Formal), prioritas 2-4 th.
b. Sasaran lainnya :
- Orang tua/keluarga, calon orangtua
- Pendidik dan Pengelola PAUD
- Semua Lembaga Layanan Anak Usia Dini
- Para tokoh masyarakat dan stakeholders PAUD
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini :
pemberdayaan masyarakat
Pemberdayaan masyarakat
Pengertian dari
Pemberdayaan masyarakat adalah proses untuk memfasilitasi dan mendorong
masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proposional dan menjadi pelaku
utama dalam memanfaatkan lingkungan strategisnya untuk mencapai suatu keberlanjutan
jangka panjang.
Menurut para ahli :
a. Menurut
Bartle (2003)
Community
development sebagai alat untuk menjadikan masyarakat semakin komplek dan kuat.
b. Menurut
Subejo dan Supriyanto (2004)
Pemberdayaan
masyarakat sebagai upaya yang disengaja untuk memfasilitasi masyarakat lokal
dalam merencanakan,memutuskan dan mengelola sumber daya lokalyang dimiliki
melalui collective action dan networking sehingga pada akhirnya mereka memiliki
kemampuan dan kemandirian secara ekonomi,ekologi dan sosial.
Aspek penting dalam suatu program
pemberdayaan masyarakat adalah program yang disusun sendiri oleh
masyarakat,mampu menjawab kebutuhan dasar masyarakat,mendukung keterlibatan
kaum miskin dan kelompok yang terpingirkan lainnya,dibangun dari sumberdaya
lokal,sensitif terhadap nilai-nilai budaya lokal,memperhatikan dampak
lingkungan,tidak menciptakan ketergantungan,berbagai pihak terkait terlibat
(instansi pemerintah,lembaga penelitian,perguruan tinggi,LSM,swasta dan pihak
lainnya),serta dilaksanakan secara berkelanjutan.
Tujuan Pemberdayaan masyarakat :
Menurut Sulistiyani (2004) menjelaskan
bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk
membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut
meliputi kemandirian berfikir,bertindak dan mengendalikan apa yang mereka
lakukan.kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami masyarakat
yang ditandai dengan kemampuan memikirkan,memutuskan serta melakukan sesuatu
yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah yang dihadapi dengan
mempergunakan daya/kemampuan yang dimiliki.
Daya kemampuan yang dimiliki adalah
kemampuan kognitif,konatif,psikomotorik dan afektif serta sumber daya lainnya
yang bersifat fisik/material.
·
Kondisi kognitif pada hakikatnya merupakan
kemampuan berpikir yang dilandasi oleh pengetahuan dan wawasan seseorang dalam
rangka mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.
·
Kondisi Konatif merupakan suatu sikap perilaku
masyarakat yang terbentuk dan diarahkan pada perilaku sensitif terhadap
nilai-nilai pemberdayaan masyarakat.
·
Kondisi afektif merupakan perasaan yang dimiliki
oleh individu yang diharapkan dapat diintervensi untuk mencapai pemberdayaan
dalam sikap dan perilaku.
·
Kemampuan psikomotorik merupakan kecakapan
keterampilan yang dimiliki masyarakat sebagai upaya mendukung masyarakat dalam
rangka melakukan aktivitas pemberdayaan masyarakat.
Subscribe to:
Posts (Atom)